Apa Itu Konten Marketing dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Apa Itu Konten Marketing dan Bagaimana Cara Membuatnya

Hai, teman-teman! Ketika mengakses internet, pasti kalian pernah menemukan suatu konten yang membahas tentang produk, jasa maupun hal lainnya yang berhubungan dengan suatu penawaran. Nah, konten tersebut dikenal dengan sebutan Konten Marketing atau dalam bahasa Inggris disebut Marketing Content.

Biasanya, konten tersebut sering kita temukan saat mengakses sosial media, website, televisi maupun media lain yang banyak digunakan dan dilihat oleh masyarakat.

Adanya konten marketing dapat meningkatkan engagement dan juga brand awareness terhadap merek kita, yang dimana keuntungan ini dapat kita manfaatkan semaksimal mungkin agar merek kita semakin dikenal dan diingat oleh masyarakat luas.

Tetapi sebelum membahas lebih jauh lagi, kita perlu memahami terlebih dahulu Apa Itu Konten Marketing dan Bagaimana Cara Membuatnya?. Yuk, simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Konten Marketing

Menurut Gunelius (2001), konten marketing adalah proses secara tidak langsung dan langsung mempromosikan bisnis atau merek melalui konten teks, video, atau audio yang bernilai tambah baik secara online maupun offline.

Dengan kata lain, konten marketing juga dapat diartikan sebagai metode untuk mempromosikan suatu bisnis atau merek kepada masyarakat luas dengan cara membuat konten yang menarik.

Manfaat Konten Marketing

Saat membuat suatu konten untuk pemasaran, kita pasti punya tujuan mengapa ingin melakukan hal tersebut. Tentu, alasan utamanya adalah karena banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika kita menerapkan pembuatan konten marketing yang baik dan benar.

Berikut adalah beberapa tips untukmu yang ingin memulai menerapkan konten marketing supaya bisnismu semakin meningkat trafficnya.

1. Dapat Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dengan aktif memposting konten yang menarik, bisnis kita akan tetap eksis di internet dan tidak dinilai ‘akun mati’ oleh para netizen. Karena seringkali akun yang jarang memposting konten dinilai merupakan akun yang tidak aktif sehingga mereka tidak tertarik untuk menjelajahi akun tersebut dengan waktu yang lama.

Selain itu, pembuatan konten marketing juga bisa meningkatkan sekaligus mempertahankan kepercayaan pelanggan yang potensial hingga mendatangkan pelanggan baru yang lebih banyak.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Brand Awareness atau Kesadaran Merek merupakan tingkatan sejauh mana pelanggan dapat mengingat atau mengenali suatu merek yang mereka gunakan.

Ketika kita menggunakan metode konten marketing, secara tidak langsung hal ini memberikan sugesti kepada audience ataupun pelanggan agar mereka mengetahui dan mengingat merek kita untuk beberapa waktu kedepan. Tujuannya adalah agar para audience tersebut akan menjadi pelanggan, dan yang sudah jadi pelanggan dapat menjadi pelanggan setia.

3. Meningkatkan Interaksi Antara Pelanggan dan Bisnis Anda

Jika konten yang kita buat terkesan menarik dan dapat memancing rasa ingin tahu, kemungkinan besar para audience akan menanyakan pertanyaan mereka dan ikut berinteraksi dari konten marketing yang kita buat.

Tindakan ini dapat dijadikan acuan untuk mengukur apakah audience memiliki ketertarikan atau tidak terhadap konten marketing kita.

Sebisa mungkin kita atur strategi agar dapat terjadi interaksi antara kita dengan audience, dengan harapan bisa mendatangkan lebih banyak leads supaya mereka tertarik untuk menjadi pelanggan kita.

Penjelasan diatas merupakan manfaat dari pembuatan konten marketing, selanjutnya kita akan membahas mengenai cara pembuatan konten marketing.

Cara Membuat Konten Marketing

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, tentu kita juga harus menerapkan strategi dengan baik dan benar. Untuk membuat konten marketing, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa-apa saja yang perlu dilakukan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketika ingin membuat konten marketing.

1. Tentukan Tujuan Pembuatan Konten Marketing

Langkah pertamanya adalah kita harus menentukan apa tujuan dari pembuatan konten marketing untuk bisnis kita, apakah hanya untuk mengenalkan brand kita ke masyarakat luas? atau ingin membuat mereka tertarik untuk menjadi pelanggan? 

Karena hal ini dapat berpengaruh pada hasil akhir dari penggunaan konten marketing tersebut. Buatlah konten sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan supaya hasilnya tidak melenceng dari ekspektasi Anda.

2. Lakukan Riset Pada Konten

Yang kedua, yaitu kita perlu melakukan riset terhadap konten yang akan kita buat. Kita perlu membuat konten yang akurat, terbaru, dan juga informatif agar dapat dinilai sebagai konten yang bermanfaat untuk para audience.

Jika kita hanya sekadar membuat konten tanpa riset yang jelas, bisa jadi para audience kurang atau bahkan tidak tertarik untuk menyaksikan konten kita.

Tentu hal tersebut tidak ingin kita rasakan, bukan? Oleh karena itu diperlukan suatu riset sebelum kita membuat konten.

3. Buat Thumbnail Menarik

Biasanya, para audience melihat hal yang menjadi inti dari pembahasan dari suatu konten sebelum mereka membaca atau menyaksikan konten tersebut hingga selesai. 

Yang dimaksud disini adalah thumbnail (gambar pratinjau). Dengan thumbnail yang menarik, tentu dapat membuat audience penasaran dan kemungkinan besar mereka akan membuka isi dari konten kita.

4. Tentukan Kata Kunci Yang Relevan

Hal ini bertujuan untuk menampilkan konten yang kita publikasi berada di halaman pertama atau peringkat paling atas. Kata kunci yang relevan dapat mendukung supaya konten kita direkomendasikan untuk dilihat dan juga akan muncul ketika audience mencari sesuatu dengan kata kunci tersebut.

5. Lakukan Dengan Konsisten

Tidak semua konten yang dibuat akan langsung ramai pengunjung, semua butuh proses. Kita perlu konsisten, kreatif dan juga pandai dalam mengatur strategi supaya konten yang diposting ini banyak yang melihat.

Bukan hanya untuk sekedar ramai pengunjung, tetapi juga bertujuan agar para audience ini tetap setia dalam menyaksikan konten yang kita buat.


Rangkuman diatas merupakan penjelasan Apa Itu Konten Marketing dan Bagaimana Cara Membuatnya. Apakah Anda tertarik untuk mulai membuat konten marketing? Yuk, coba sekarang!

Jika Anda ingin membuat konten marketing tanpa ribet dan pusing, tenang saja tim iCampaign siap membantu Anda untuk meningkatkan traffic bisnis Anda!

Tim iCampaign menyediakan berbagai layanan yang dapat diterapkan pada bisnis Anda agar mendapatkan hasil yang maksimal. Diantaranya adalah layanan pembuatan videography, desain grafis, konten sosial media, desain interior, desain website, motion graphic dan banyak yang lainnya. Untuk info lengkapnya kalian bisa lihat dengan KLIK DISINI.

Ingin bertanya-tanya terlebih dahulu? Yuk, konsultasikan dengan tim iCampaign secara gratis dengan KLIK DISINI.

Share Article :

Facebook
WhatsApp
Twitter

Share Article :

Facebook
WhatsApp
Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Mostbet Uzbekista

Mostbet Uzbekistan mostbet ACRV Filter Content Mostbet AZ Mostbet AZ Azerbaycan casin Türkiye’deki MostBet bahis şirketine genel bakışе Popüler Turlar

Indonesia's Creative Digital Agency

Jl. Danau Sunter Utara Blok A36A No.1, RT.14/RW.8, Sunter Agung, Jakarta Utara, DKI Jakarta - Indonesia 14350

©Copyright 2022 iCampaign.id - All Rights Reserved