Cara Ampuh Mengatasi Masalah Dalam Digital Marketing

Cara Ampuh Mengatasi Masalah Dalam Digital Marketing

Saat menjalankan strategi digital marketing pada suatu bisnis, tentu ada kalanya kita menghadapi situasi yang cukup genting. Baik itu karena faktor internal maupun eksternal. Dan, diantara yang paling sering terjadi yaitu kesalahan internal saat proses penerapannya. Lalu, bagaimana cara menghadapi berbagai permasalahan tersebut agar tidak melebar dan cepat teratasi? Yuk, simak Cara Ampuh Mengatasi Masalah Dalam Digital Marketing.

Namun, sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi berbagai masalah dalam digital marketing, perlu kita ketahui terlebih dahulu apa-apa saja kesalahan yang sering ditemui saat penerapan strategi digital marketing dalam suatu bisnis. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Salah Memilih Target Audience

Masalah yang pertama ini cukup umum ditemukan, terutama bagi para digital marketer pemula. Sehingga, dapat menyebabkan pesan yang kita sampaikan ke audience kurang dapat dipahami karena tidak sesuai dengan target pemasaran untuk produk kita. Selain itu, juga berpotensi resiko para audience tidak tertarik dengan produk yang ditawarkan dan menjadikan sepi penjualan.

2. Metode Promosi Kurang Tepat

Lalu, masalah lain yang sering ditemukan yaitu metode promosi yang kurang tepat. Biasanya, metode promosi dapat diterapkan dengan konsep bundling product, voucher discount, giveaway dan lain-lain. Namun, tidak semua konsep tersebut efektif jika tidak dibarengi dengan situasi dan kondisi yang tepat.

3. Hanya Mengandalkan Satu Media Promosi

Untuk melakukan promosi, tidak cukup dengan 1 media promosi saja. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, tentu diperlukan berbagai platform agar audience yang dijangkau bisa jauh lebih banyak.

4. Tidak Riset Efektifitas Promosi

Kebiasaan ini juga banyak dilakukan saat ingin melakukan promosi. Padahal melakukan riset sangatlah penting guna memprediksi tingkat keefektifan kita saat melakukan promosi, jangan sampai sudah menghabiskan banyak biaya tetapi tidak menghasilkan timbal balik yang diharapkan.

5. Kurang Berinteraksi Dengan Customer

Yang terakhir yaitu kurangnya para pelaku bisnis berinteraksi dengan customer. Padahal, nyatanya para customer lebih suka untuk berkonsultasi langsung dengan penjual atau bagian yang melayani kebutuhan belanja mereka. Diantara kekurangan berinteraksi dengan customer adalah tidak tersedianya fitur live chat atau customer service yang lambat dalam membalas pesan.

Nah, setelah kalian memahami beberapa kesalahan yang sering ditemukan saat penerapan digital marketing. Kini saatnya kita membahas mengenai solusi dari berbagai permasalahan yang bisa kalian lakukan agar dapat mengurangi resiko yang lebih besar. Beberapa solusi diantaranya yaitu:

1. Lakukan Inovasi

Langkah awal yang harus kalian lakukan saat menghadapi suatu masalah dalam digital marketing adalah melakukan inovasi. Untuk tahap inovasi sendiri dapat dimulai dari produk, baik dengan memperbaiki desain kemasan, meningkatkan kualitas produk dan berbagai keunggulan lainnya.

2. Cari Target Yang Sesuai Dengan Produk

Lalu, kalian dapat melakukan riset terhadap audience yang sesuai pada target market kalian. Misal, produk yang dijual adalah sepatu olahraga, maka untuk target yang tepat adalah para milenial dan orang-orang yang suka berolahraga.

3. Tawarkan Harga Yang Lebih Terjangkau 

Bisa jadi produk kalian kurang diminati karena menawarkan harga yang tergolong mahal. Coba untuk membuat harga baru yang sesuai dengan standar harga pasar agar customer tidak mudah beralih ke produk dengan merk lain.

4. Maksimalkan Penggunaan Sosial Media

Dengan media sosial, kita dapat lebih mudah dalam melakukan promosi. Karena, hampir setiap orang saat ini sudah memiliki media sosial. Sehingga, kita bisa menyebarkan semua promosi kita dengan mudah dan dapat dijangkau oleh siapa saja.

Sebisa mungkin gunakan sosial media dengan aktif agar dapat menarik minat audience untuk terus memantau segara promosi terbaru pada produk kalian.

5. Teruslah Evaluasi

Pemasaran dengan cara digital bukanlah merupakan hal yang sekali jalan langsung selesai, tetapi diperlukan banyak rencana dan evaluasi lainnya agar strategi yang diterapkan dapat berjalan dengan efektif serta mendatangkan banyak customer.

Kalian perlu riset apa saja kekurangan dari produk ataupun strategi yang digunakan. Dengan ini, kalian dapat terus membuat perubahan agar lebih baik kedepannya dan tidak kalah saing dengan para kompetitor.

Jadi, seperti itulah pembahasan mengenai Cara Ampuh Mengatasi Masalah Dalam Digital Marketing. Memang tidak semua hal dapat berjalan lancar ketika dijalankan, oleh karena itu kita harus pandai dalam menyikapi berbagai masalah sehingga dapat terselesaikan dan kembali berjalan dengan lancar.


Selain itu jika Anda ingin lebih mudah dalam melakukan strategi marketing, yuk langsung saja hubungi tim iCampaign yang siap membantu Anda dalam melebarkan sayap bisnis didunia internet. Tertarik membahas lebih lanjut? langsung saja hubungi tim kami dengan KLIK DISINI.

Selain itu, tim iCampaign juga menyediakan berbagai layanan yang dapat diterapkan pada bisnis Anda agar mendapatkan hasil yang maksimal. Diantaranya adalah layanan pembuatan videography, desain grafis, konten sosial media, desain interior, desain website, motion graphic dan banyak yang lainnya. Untuk info lengkapnya kalian bisa lihat dengan KLIK DISINI.

Share Article :

Facebook
WhatsApp
Twitter

Share Article :

Facebook
WhatsApp
Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Mostbet Uzbekista

Mostbet Uzbekistan mostbet ACRV Filter Content Mostbet AZ Mostbet AZ Azerbaycan casin Türkiye’deki MostBet bahis şirketine genel bakışе Popüler Turlar

Indonesia's Creative Digital Agency

Jl. Danau Sunter Utara Blok A36A No.1, RT.14/RW.8, Sunter Agung, Jakarta Utara, DKI Jakarta - Indonesia 14350

©Copyright 2022 iCampaign.id - All Rights Reserved