Cara Tepat Branding Produk Agar Dikenal Banyak Orang

Cara Tepat Branding Produk Agar Dikenal Banyak Orang

Jika kita memiliki suatu produk ataupun brand, tentu kita ingin agar merek kita dapat dikenali oleh banyak orang. Ada banyak cara untuk dapat menyebarluaskan informasi tentang merek kita, baik secara kampanye langsung atau melalui media internet. Hal ini tentu memerlukan suatu metode atau cara yang efektif agar hasil dari usaha kita dapat sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai Cara Tepat Branding Produk Agar Dikenal Banyak Orang, supaya kita tidak salah langkah dalam memilih strategi ataupun mengambil keputusan ketika mempromosikan merek kita kepada orang lain.

Namun sebelum itu, apakah kalian telah memahami apa arti dari brand dan branding sendiri? Jika belum, yuk simak penjelasannya!

Pengertian Brand

Menurut Kotler (2002), American Marketing Association (AMA) menyebutkan bahwa merek (brand) adalah sebuah nama, tanda, istilah, rancangan atau simbol, atau bauran dari hal-hal tersebut, yang digunakan untuk mengidentifikasi barang atau jasa yang disediakan secara baik oleh perseorangan maupun sekelompok penjual serta untuk dapat membedakan dengan produk lainnya. 

Merek pada hakikatnya merupakan tujuan penjual untuk secara konsisten memberikan feature, kegunaan, dan jasa tertentu kepada pengguna produk maupun jasa tersebut. Merek-merek unggulan merupakan merek yang mampu memberikan jaminan kualitas, dimana merek harus lebih representatif dari sekedar simbol.

Pengertian Branding

Menurut Entrepreneur.com, branding merupakan “the practice of making the symbol or name of the product to differentiate or identify from one product to another”. Atau dengan kata lain, branding merupakan tindakan membuat simbol, tanda, atau desain yang ditujukan untuk kebutuhan promosi atau marketing. 

Pengertian mudahnya, branding dapat juga diartikan sebagai upaya untuk memasarkan ataupun mempromosikan merek kepada orang banyak guna mendapatkan perhatian khusus seperti menarik para calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan, atau bisa juga untuk menyebarluaskan informasi tentang merek tersebut agar dikenal oleh banyak orang.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa Brand atau merek merupakan identitas bisnis untuk membedakan suatu bisnis yang kita miliki dengan bisnis milik kompetitor. Untuk itu keistimewaan brand menjadi peluang bagi pebisnis untuk mengungguli brand lawan. Salah satu keistimewaan brand yaitu bilamana brand/merek tersebut terkenal dan diingat oleh para konsumen.

Cara Branding Yang Tepat

Ketika melakukan upaya branding, diperlukan suatu strategi yang benar agar hasil yang kita dapatkan juga baik dan sesuai dengan harapan. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam branding agar brand kita dapat dikenali oleh banyak orang, diantaranya adalah :

1. Tentukan Nama Brand

Hal ini ditujukan agar produk/layanan kita memiliki identitas khusus dan menjadi pembeda dengan para kompetitor. Nama yang singkat dan mudah diucapkan cenderung lebih dapat dihafal oleh para customer. Jadi, sebisa mungkin kita harus dapat menentukan nama yang tepat untuk brand kita, karena hal tersebut akan menjadi aspek penting untuk kedepannya saat brand kita sudah mulai naik dan dikenal oleh banyak orang.

2. Membuat Slogan Yang Representatif

Slogan mempunyai peran penting dalam suatu brand, yaitu untuk meyakinkan dan mempengaruhi pelanggan terhadap produk atau layanan kita melalui kata-kata. Contoh, Teh Botol Sosro – “Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro”, hal ini tentu dapat membuat sugesti untuk para pelanggan agar tetap minum teh botol tersebut saat memakan apapun.

3. Membuat Logo

Penggunaan logo juga sangat penting untuk identitas suatu brand, umumnya audience bisa mengenali suatu brand cukup hanya dengan melihat logonya saja. Oleh karena itu, kita perlu merancang sebuah logo yang sekiranya beda dari merek lain dan juga mengkonsepkan logo tersebut agar berhubungan dengan merek kita. Tentu hal tersebut dapat lebih memudahkan para audience dalam mengenali brand yang kita miliki.

4. Pasang Iklan

Memasang iklan merupakan salah satu cara yang cukup efektif saat ini untuk mengkampanyekan suatu brand, biasanya kita sering melihat iklan di sosial media, billboard, televisi ataupun yang lainnya. Hal itu sangat memungkinkan suatu promosi dapat dilihat dan dikenal oleh banyak orang.

5. Menggunakan Influencer

Influencer adalah seseorang atau figur dalam media sosial yang memiliki jumlah pengikut yang banyak atau signifikan, dan hal yang mereka sampaikan dapat mempengaruhi perilaku dari pengikutnya (Hariyanti & Wirapraja, 2018: 141). 

Banyak pemilik brand yang menggunakan jasa influencer untuk mengkampanyekan produk/layanannya kepada masyarakat, karena peran influencer ini cukup penting untuk menarik perhatian masyarakat dan juga menambah nilai kepercayaan mereka terhadap sesuatu yang ditawarkan.

6. Membuat Konten Menarik

Pembuatan konten yang menarik tentu dapat memberikan efek positif terhadap perkembangan brand kita. Hal ini juga dapat meningkatkan kualitas dalam mempromosikan sesuatu supaya tidak terkesan membosankan. Konten yang menarik juga dapat membuat seseorang yang melihatnya terpicu untuk mengetahui lebih dalam tentang isi konten tersebut.

7. Konsisten Dalam Membuat Konten

Di era modern seperti sekarang ini, sangat banyak orang yang menghabiskan waktunya di internet. Tentu kita dapat memanfaatkan kebiasaan ini untuk memaksimalkan teknik promosi konten kita di sosial media agar dapat dilihat banyak orang. Dengan aktifnya kita dalam membuat konten, hal ini dapat menghindari spekulasi tentang akun yang dinilai mati atau sudah lama tidak aktif.

8. Menggunakan Media Website

Penggunaan situs web dapat menjadi alat yang cukup penting dalam strategi branding produk, hal ini dikarenakan website dapat menjadi tempat untuk para audience mempelajari lebih detail tentang layanan/produk yang kita pasarkan. 

Penggunaan SEO pada website juga merupakan teknik penting yang perlu dimaksimalkan, karena ketika audience mengetikkan sesuatu yang berhubungan dengan brand kita di mesin pencarian seperti google, halaman website kita dapat muncul dihalaman pertama. Dengan itu, kemungkinan besar website kitalah yang akan dikunjungi oleh para audience tersebut.

Kesimpulan

Jadi kurang lebih begitulah penjelasan mengenai Cara Tepat Branding Produk Agar Dikenal Banyak Orang, kalian bisa menggunakan cara diatas sebagai strategi marketing kalian dalam mempromosikan brand kepada masyarakat.

Jika Anda masih bingung mengenai cara penglolaan sosial media, pengiklanan, pembuatan desain logo ataupun website. Tenang saja! Tim iCampaign telah menyediakan berbagai layanan terkait hal-hal yang Anda butuhkan diatas.

Cukup jelaskan seperti apa konsep yang Anda inginkan, lalu tim kami yang akan menjalankan teknis nya hingga selesai. Jadi, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis Anda. Urusan proses, biar kami yang atur.

 

Ingin bertanya-tanya terlebih dahulu? Yuk, konsultasikan secara gratis bersama tim kami dengan KLIK DISINI.

Selain itu, iCampaign juga menyediakan yang lain seperti jasa pembuatan video editing, photo editing, graphic design, web development dan banyak lainnya. Untuk detail layanan kami bisa dicek DISINI.

Share Article :

Facebook
WhatsApp
Twitter

Share Article :

Facebook
WhatsApp
Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Mostbet Uzbekista

Mostbet Uzbekistan mostbet ACRV Filter Content Mostbet AZ Mostbet AZ Azerbaycan casin Türkiye’deki MostBet bahis şirketine genel bakışе Popüler Turlar

Indonesia's Creative Digital Agency

Jl. Danau Sunter Utara Blok A36A No.1, RT.14/RW.8, Sunter Agung, Jakarta Utara, DKI Jakarta - Indonesia 14350

©Copyright 2022 iCampaign.id - All Rights Reserved