Kesalahan Dalam Pemasaran Digital

Kesalahan Dalam Pemasaran Digital

Dalam suatu strategi, diperlukan antisipasi terhadap berbagai resiko yang mungkin dapat terjadi baik besar maupun kecil. Tak terlewat pula untuk resiko kesalahan dalam pemasaran digital.

Namun, sebelum membahas apa saja macam-macam kesalahan dalam pemasaran digital yang harus dihindari, terlebih dahulu kita pahami pengertian dari pemasaran digital.

Pemasaran Digital atau Digital Marketing adalah suatu metode pemasaran yang menggunakan media digital. Biasanya pemasaran digital dilakukan di internet dengan menawarkan berbagai produk barang atau jasa dengan tujuan dapat dijangkau oleh lebih banyak orang di seluruh dunia.

Selain itu, pemasaran digital juga memiliki jenis-jenis kategori sesuai kegunaanya, yaitu :

1. Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing atau SMM adalah strategi pemasaran yang menggunakan sosial media untuk menjangkau pelanggan dan menawarkan produk yang dipasarkan. Contoh penerapan Social Media Marketing yaitu menggunakan platform sosial media seperti Instagram, TikTok, Facebook dan lain sejenisnya.

2. Website Marketing

Pemasaran produk dengan media website juga termasuk dalam ranah Digital Marketing. Contoh penerapannya yaitu dengan membuat e-commerce dan landing page.

3. Search Engine Marketing (SEM)

Tujuan penggunaan Search Engine Marketing adalah agar promosi kita mendapatkan halaman pertama dan posisi teratas pada mesin pencarian, dalam artian lain mudah dicari dan ditemukan.

Penerapan Search Engine Marketing biasanya berlaku pada website, sosial media, dan mesin pencari pada browser seperti Google.

4. Content  Marketing

Bagian utama dalam suatu digital marketing yaitu konten. Dengan Content Marketing, kita dapat menjelaskan pesan apa saja yang ingin disampaikan kepada para audience melalui konten yang dibuat.

Untuk bentuk konten biasanya terdiri dari gambar grafis, video, audio dan artikel.

5. Email Marketing

Lalu ada Email Marketing, kegunaanya yaitu dengan menawarkan berbagai promosi dengan newsletter. Biasanya, teknik email marketing ditujukan untuk B2B, namun tidak jarang juga B2C menerapkan email marketing untuk media promosi nya.

 


 

Mungkin dari kalian ada yang telah menggunakan satu atau beberapa strategi marketing diatas, namun terdapat beberapa kesalahan yang mungkin dilakukan sehingga hasil yang didapat kurang maksimal.

Berikut beberapa kesalahan dalam pemasaran digital yang sering dilakukan.

1. Target Audience Tidak Tepat Sasaran

Target audience sangatlah penting ditentukan agar tepat sasaran, hal ini ditujukan guna mendapat leeds yang berpotensi untuk menjadi pelanggan kita.  Salah dalam menentukan target audience dapat berdampak pada pemasaran produk yang tidak sesuai minat mereka, alhasil jumlah penjualan menjadi tidak maksimal.

2. Kurang Memahami Kebutuhan Konsumen

Bagus jika kita sudah menentukan target audience yang tepat, namun perlu diperhatikan juga untuk kebutuhan sebagian besar dari mereka itu seperti apa. Kalian tidak perlu mengubah produk yang sudah jadi, namun kalian dapat menyesuaikan dari sisi kemasan, kualitas, kegunaannya agar sesuai dengan kebutuhan pasar.

3. Mengabaikan Copywriting

Keberadaan konten sangatlah erat keterkaitannya dengan Digital Marketing. Oleh karena itu, diperlukan tulisan yang baik dan persuasif agar dapat menarik minat audience untuk membeli produk kita.

Jika konten tidak dikemas dengan copywriting yang baik, maka besar kemungkinan para konsumen bingung dengan pesan yang ingin kita sampaikan. Kemungkinan terburuknya mereka tidak tertarik untuk membeli produk kita.

4. Proses Pembayaran Yang Rumit

Kalau kalian menggunakan website toko online untuk menjual produk, maka proses pembayaran harus dibuat singkat dan semudah mungkin dimengerti oleh konsumen.

Tak jarang konsumen yang tidak jadi berbelanja di toko online hanya karena sistem pembayaran yang rumit. Jadi, perhatikan juga user experience ketika proses checkout ya!

5. Tidak Menghitung Laba

Tujuan kita berbisnis tentu mencari keuntungan, begitupun dengan penerapan digital marketing.

Oleh karena itu, perlu dibiasakan untuk menghitung laba agar dapat mengetahui traffic bisnis kita selama menerapkan strategi digital marketing.

Jika hasilnya kurang memuaskan, berarti perlu dilakukan evaluasi. Baik dari produk yang dijual ataupun strategi pemasaran yang diterapkan.


Jadi seperti itulah pembahasan mengenai Kesalahan Dalam Pemasaran Digital yang sering dilakukan oleh para pelaku usaha dalam mempromosikan bisnisnya di internet.

Pembahasan ini ditujukan agar kita paham dan dapat mengatur strategi pemasaran agar bisnis yang dijalankan tidak merugi.

Namun, jika kalian masih tetap bingung dalam menentukan bagaimana cara menerapkan pemasaran digital yang tepat untuk suatu bisnis, yuk langsung saja hubungi tim iCampaign yang siap membantu kalian dalam mengembangkan bisnis di internet. Tertarik mengetahui lebih dalam? silakan KLIK DISINI untuk mulai berkonsultasi. GRATIS!

Selain itu, tim iCampaign juga menyediakan berbagai layanan yang dapat diterapkan pada bisnis Anda agar mendapatkan hasil yang maksimal. Diantaranya adalah layanan pembuatan videography, desain grafis, konten sosial media, desain interior, desain website, motion graphic dan banyak yang lainnya. Untuk info lengkapnya kalian bisa lihat dengan KLIK DISINI.

Share Article :

Facebook
WhatsApp
Twitter

Share Article :

Facebook
WhatsApp
Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Mostbet Uzbekista

Mostbet Uzbekistan mostbet ACRV Filter Content Mostbet AZ Mostbet AZ Azerbaycan casin Türkiye’deki MostBet bahis şirketine genel bakışе Popüler Turlar

Indonesia's Creative Digital Agency

Jl. Danau Sunter Utara Blok A36A No.1, RT.14/RW.8, Sunter Agung, Jakarta Utara, DKI Jakarta - Indonesia 14350

©Copyright 2022 iCampaign.id - All Rights Reserved