Pengertian & Kegunaan Newsletter

Pengertian & Kegunaan Newsletter

Ketika membuka aplikasi email, mungkin diantara kalian banyak yang mendapat pesan masuk dari suatu perusahaan, aplikasi ataupun produk yang pernah dibeli sebelumnya. Nah, email tersebut dinamakan Newsletter.

Saat ini, Newsletter telah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Mereka menerapkan hal tersebut guna menjangkau pelanggan atau memberikan update mereka terkait produk yang dipasarkan.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan tentang Pengertian & Kegunaan Newsletter agar dapat diterapkan dalam bisnis atau usaha yang sedang kalian jalankan.

Pengertian Newsletter

Menurut SendPulse, Newsletter adalah email yang isinya bisa berupa pemberitahuan atau update terbaru dari perusahaan kepada pelanggannya. Baik itu fitur terbaru yang bisa digunakan di aplikasi, artikel rekomendasi dari blog perusahaan, dan masih banyak lagi, bisa disampaikan lewat media tersebut.

Di dalam Newsletter, biasanya berisi informasi terbaru mengenai suatu produk, diskon, promosi dan sebagainya. Sehingga, dapat mempengaruhi rasa penasaran audience untuk membuka dan membaca email tersebut.

Namun tidak sampai disitu saja, banyak keuntungan lainnya ketika kita menggunakan Newsletter dalam bisnis secara digital. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan saat menerapkan konsep newsletter dengan baik dan benar.

Keuntungan Menerapkan Newsletter

Setelah memahami pengertian dari Newsletter, selanjutnya kalian bisa mempertimbangkan penggunaan newsletter beserta keuntungan yang akan perusahaanmu dapatkan.

1. Menjalin Hubungan Baik Dengan Customer

Manfaat pertama yang bisa kalian dapatkan saat menggunakan newsletter adalah dapat menjalin hubungan baik dengan customer.

Mungkin, ada sebagian dari customer kalian yang lupa karena beberapa waktu tidak melihat produk yang kalian pasarkan di internet. Namun, ketika newsletter dikirimkan lewat email mereka, maka hal tersebut dapat memicu ingatan customer untuk kembali melihat atau bahkan membeli produk kalian.

2. Menjangkau Lebih Banyak Audience

Dengan newsletter, para pengunjung baru bisa lebih mendapatkan informasi terkini tentang produk, promo dan lain-lain.

Selain itu mereka juga tidak harus membuka situs kita dan mencari informasi di dalamnya, sehingga dapat lebih efisien terhadap waktu hanya dengan membaca kotak masuk dari email.

3. Mendapatkan Leads Baru

Tidak jarang banyak audience yang tertarik dengan produk kita saat dipromosikan lewat newsletter, apalagi jika produk tersebut merupakan produk yang disukai.

Nah, dengan ini kita dapat mengajak audience untuk mengisi data yang dibutuhkan, contohnya seperti nama, nomor telepon, perusahaan dan lain-lain. Dari sinilah kalian bisa mendapat leads baru.

4. Media Untuk Survei Pelanggan

Penggunaan Newsletter juga dapat dimanfaatkan untuk survey pelanggan. Kalian dapat meminta mereka untuk mengisi beberapa pertanyaan terkait dengan data yang kalian butuhkan.

Dengan begitu, kalian dapat mengetahui apa saja yang pelanggan sukai dan harapkan dari produk yang kalian jual. Sehingga, kalian pun dapat melakukan evaluasi kedepannya agar semakin baik dalam menyajikan produk kepada para pelanggan.

5. Meningkatkan Penjualan

Selanjutnya, dengan adanya newsletter juga dapat meningkatkan penjualan. Elemen CTA (Click to Action) dapat membantu untuk mengarahkan pelanggan ke laman produk, dengan tujuan memudahkan mereka untuk melakukan pembelian apabila mereka tertarik dengan produk yang ditawarkan.


Jadi, seperti itulah pembahasan mengenai Pengertian & Kegunaan Newsletter. Yuk mulai terapkan newsletter dalam bisnis kalian sekarang juga.

Penerapan newsletter biasanya dapat dilakukan dalam sebuah website, dimana ada form khusus yang nantinya dapat mengumpulkan data para pelanggan. Jika Anda belum memiliki website untuk menerapkan newsletter, tidak perlu khawatir! Tim iCampaign siap membantu Anda untuk membuat website dan menerapkan strategi Digital Marketing yang efektif serta dapat menarik minat banyak pelanggan. Yuk, langsung saja konsultasikan kebutuhan bisnis Anda pada tim kami secara gratis dengan KLIK DISINI.

Selain itu, tim iCampaign juga menyediakan berbagai layanan yang dapat diterapkan pada bisnis Anda agar mendapatkan hasil yang maksimal. Diantaranya adalah layanan pembuatan videography, desain grafis, konten sosial media, desain interior, desain website, motion graphic dan banyak yang lainnya. Untuk info lengkapnya kalian bisa lihat dengan KLIK DISINI.

Share Article :

Facebook
WhatsApp
Twitter

Share Article :

Facebook
WhatsApp
Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Mostbet Uzbekista

Mostbet Uzbekistan mostbet ACRV Filter Content Mostbet AZ Mostbet AZ Azerbaycan casin Türkiye’deki MostBet bahis şirketine genel bakışе Popüler Turlar

Indonesia's Creative Digital Agency

Jl. Danau Sunter Utara Blok A36A No.1, RT.14/RW.8, Sunter Agung, Jakarta Utara, DKI Jakarta - Indonesia 14350

©Copyright 2022 iCampaign.id - All Rights Reserved